Business Model
Business
model
Hello guys, ketemu lagi sama tulisan saya Nhuda dimana kali
ini kita akan membahas tentang Business model, Business model canvas dan lain
lainnya, sebelum kita melajutkan ke topik utama saya mau memberikan penjelasan “apasih
Business model itu?”.
Business model merupakan sebuah kerangka dari rencana
bisnis yang akan kalian buat mulai dari memikirkan bagaimana mendapatkan
keuntungan dan memperhitungkan semua aspek yang ada supaya bagaimana bisa
mengasilkan keuntungan dari bisnis yang akan dibuat, lalu setelah itu kita
mengenal Business model canvas yaitu
sebuah model dalam strategi manajement untuk mengubah semua konsep yang
dipikirkan, konsumen, infrastruktur maupun keuangan bisnis yang kalian buat
menjadi elemen visual, sehingga dapat dilihat model nya seperti apa dan setiap
orang bisa memahaminya bagaimana bisnis kalian bekerja.
Dalam Business
model canvas terdapat 9 building
block yang sangat penting kegunaan nya, yang akan kita bahas dibawah ini.
·
Costumer
Segments
yaitu segment costumers seperti apa yang kita capai, target konsumen bisa dibagi menjadi beberapa segment sesuai kebutuhan contohnya: usia, hobi, bahkan gender.
yaitu segment costumers seperti apa yang kita capai, target konsumen bisa dibagi menjadi beberapa segment sesuai kebutuhan contohnya: usia, hobi, bahkan gender.
·
Value
Proposition
yaitu nilai jual bisnis yang kalian jalankan, sehingga konsumen memilih untuk membeli produk kalian, block ini sangat penting menjadi tolak ukur supaya bisnis kalian benar benar mencapai kebutuhan apa yang dibutuhkan konsumen.
yaitu nilai jual bisnis yang kalian jalankan, sehingga konsumen memilih untuk membeli produk kalian, block ini sangat penting menjadi tolak ukur supaya bisnis kalian benar benar mencapai kebutuhan apa yang dibutuhkan konsumen.
·
Costumer
Relationship
setelah 2 block dibahas sebelumnya maka block ini akan penting supaya kalian mendekati konsumen supaya konsumen tidak kehilangan interest terhadap bisnis kita.
setelah 2 block dibahas sebelumnya maka block ini akan penting supaya kalian mendekati konsumen supaya konsumen tidak kehilangan interest terhadap bisnis kita.
·
Channels
melalui channel yang tepat kita bisa menggapai costumers segment dan menyampaikan value proposition kita terhadap konsumen kita.
melalui channel yang tepat kita bisa menggapai costumers segment dan menyampaikan value proposition kita terhadap konsumen kita.
·
Revenue
Streams
bagian ini adalah bagian dimana kita mendapatkan keuntungan dari konsumen, dan block ini harus dikelola dengan baik supay dapat mendapatkan hasil yang terbaik dan maksimal.
bagian ini adalah bagian dimana kita mendapatkan keuntungan dari konsumen, dan block ini harus dikelola dengan baik supay dapat mendapatkan hasil yang terbaik dan maksimal.
·
Key
Resource
kalian membutuhkan sumber daya yang tepat karena bisnis kalian adalah aset untuk mendukung aktivitas perusahaan
kalian membutuhkan sumber daya yang tepat karena bisnis kalian adalah aset untuk mendukung aktivitas perusahaan
·
Key
Activities
disini merupakan block yang dimana berisi aktifitas bisnis yang kalian jalankan.
disini merupakan block yang dimana berisi aktifitas bisnis yang kalian jalankan.
·
Key
Partners
di block ini berisi tentang bagaimana kalian membutuhkan partner dalam berbisnis guna mendukung usaha yang kalian jalani ini.
di block ini berisi tentang bagaimana kalian membutuhkan partner dalam berbisnis guna mendukung usaha yang kalian jalani ini.
·
Cost
Structures
ini merupakan skema finansial yang membiayain operasional perusahaan yang kalian buat ini.
ini merupakan skema finansial yang membiayain operasional perusahaan yang kalian buat ini.
Setelah penjelasan tentang 9 block
tadi, saya akan menunjukan CONTOH DARI
BMC INI:
ini merupakan contoh BMC dari bisnis makanan
Okay kita mencapai akhir dari pembahasan,
semoga kalian bisa memahami dan mengerti apa itu bussines model itu dan bisa
menerapkan nya di usaha yang kalian rintis, karena hal yang kita bahas tadi
merupakan kunci dimana kita bisa menata usaha yang akan kita buat.
ADIOS !!!